-->

Panduan Konten Blog

Panduan Konten
Panduan-konten-blog-grafis-video-artikel-podcast
Ada hal menarik ketika membicarakan topik tentang istilah konten.Bagaimana konten diciptakan,dimanipulasi,dikembangkan dan dipromosikan untuk menunjang tujuan dan motif dari si pembuatnya.

Beragam hal-hal menakjubkan yang dapat kita ambil manfaatnya ketika tahu dan sadar bahwa konten memegang peranan penting di abad ini.Mulai dari meningkatkan bisnis sampai pencitraan merek.

Kalau kamu sependapat dengan saya...mari kita belajar tentang bagaimana kita seharusnya mengolah ide untuk menciptakan konten yang unik dan bermanfaat bagi banyak orang.

Sekarang kita mulai...

Apa itu Konten?

Konten adalah informasi yang berbentuk teks/tulisan,gambar,video dan suara yang tersemat di media offline dan media online.  

Jenis-jenis Konten

Jenis konten sendiri terbagi 4 ;
1.Teks/Tulisan
2.Gambar
3.Video
4.Suara (podcast)

Media penyampaian konten,bisa melalui beragam sarana;
      1.Buku
      2.Internet
      3.Radio
      4.Televisi
      5.Acara Live
      6.Dan seterusnya....

      Setiap media atau sarana yang dipakai untuk menyebarkan konten,mempunyai keuntungan dan kelebihannya masing-masing.Makanya kita harus mempertimbangkan terlebih dahulu jenis konten apa yang ingin kita publish.

      Namun,menurut saya..dari sekian sarana yang ada,jalur online yang paling unggul.Bukan hanya dari sisi proses produksi yang tak terlalu menguras sumber daya tapi kita bisa dinamis ketika mengelolanya.Contohnya,blog dan sosial media.

      Walaupun begitu,kita tetap harus memperhatikan konteks-nya untuk tujuan apa dulu.Ini penting..

      Ilustrasi sederhananya begini...

      Awal tahun 2000-an,Musik ska mulai bergeliat.Perkembangan musik tersebut membawa pula pengaruh baru kepada para penikmatnya,khususnya untuk kalangan anak muda.Muncul grup-grup musik baru dari kalangan bawah tanah mulai dilirik mayor label.Industri musik berkembang setelah itu.

      Bagian yang paling unik bukan tentang industrinya.Tapi munculnya istilah fogo (tarian khas skamania) dan gaya rambut mengacung seperti ultramen (baca:mohawk).

      Sejak saat itu,bukannya hanya  musik ska yang booming tapi gaya rambut aneh itu juga banyak yang suka.Termasuk saya.

      Bahkan,salah satu produsen minyak rambut melemparkan produk yang membuat rambut menjadi keras dan kaku.
      (Saya masih ingat bagaimana saya mengeraskan rambut agar terlihat kaku dan mengacung dengan sebuah minyak rambut gara-gara efek musik ska...)

      Sejarah Kertas dan Internet

      Berabad-abad lamanya manusia memanfaatkan pohon papirus untuk menjadi media dalam penyebaran karya-karya tulis.

      Sejak Engkoh Tsai Lun (sekitar tahun 105 M) menemukan teknik pembuatan kertas dari bambu dan dikembangkan oleh bangsa arab dari Bani Abbassiyyah.Penggunaan kertas untuk pencatatan karya tulis semakin terkenal.

      Kebutuhan kertas semakin bertambah seiring industri kertas yang semakin berkembang. Yakni sejak Revolusi Industri dimulai dari daratan inggris sekitar 1750-1850.

      Sejak saat itu kertas menjadi media untuk menyampaikan beragam keperluan komersial:Iklan,lowongan kerja,dan seterusnya...

      Sedangkan sejarah internet baru dimulai ketika ARPA(The Advanced Research Agency) dibentuk tahun 1958.Sampai akhirnya tahun 1969,ARPA meluncurkan proyek jaringan komputer ARPANET di amerika.

      Uniknya,istilah internet baru di pakai pada tahun 1974 ketika proyek ARPANET di adopsi oleh Kalangan universitas (ARPANET) dan Militer (MILNET).Kedua proyek jaringan itu bergabung menjadi DARPA Internet.Lalu disederhanakan menjadi istilah Internet.

      Pemanfaatan internet dalam skala luas baru benar-benar efektif ketika Tim Berners Lee menemukan www (world wide web) pada tahun 1991.

      Dilanjutkan microsoft meluncurkan internet explorer pada tahun 1994,sebuah browser untuk keperluan pengguna sistem operasi mereka.Bersamaan dengan kelahiran amazon,ebay dan yahoo.

      4 tahun kemudian,1998,Google lahir,menjadi raksasa search engine dunia.Mengalahkan popularitas yahoo dan Internet Explorer.

      Sejak saat itu bermunculan website-website layanan blog dan jejaring sosial mulai hadir.Blogger,Wordpress,Friendster,Facebook,Twitter,Instagram,Whatsapp dan masih banyak lagi.

      Munculnya situs-situs layanan blog dan jejaring sosial inilah peranan konten begitu penting.

      Apa pentingnya sebuah konten dalam dunia digital?

      Oleh karena pentingya sebuah konten,pada halaman panduan ini saya ingin berbagi tentang manfaat konten dalam menunjang kehidupan kita.

      Manfaat konten itu banyak...
      1.pemasaran berbasis internet (Internet marketing)
      2.kampanye program-program pemerintah
      3.dunia pendidikan
      4.meningkatkan citra sebuah Merek
      5.Masih banyak lagi...

      Tinggal pilih... kamu sekarang berada di jalur mana.Jika kamu ingin menjadi seorang blogger,maka kamu harus siap-siap mempelajari proses kreatif membangun sebuah konten yang unik dan bermutu tinggi untuk mengisi blog-mu.
      perhatian
      Sebelum saya membahas lebih dalam ada baiknya perlu ingatkan.Halaman ini saya fungsikan menjadi 2 tujuan,yakni;
      1)Sebagai peta jalan ketika kamu ingin menjelajahi situs pelatge.com ini,jika kamu tersesat dan ingin mencari keterangan tentang pembahasan topik-topik apa yang kamu butuhkan maka disinilah tempatnya.Atau bisa juga melalui Sitemap di area footer blog ini.
      2)Sebagai Spot Light tentang niche yang saya bawakan di blog ini yakni tentang Konten.Jika sekiranya kamu bosan silahkan skip...tapi jika berkenan silahkan posting komentar dari setiap artikel yang kamu anggap kurang berbobot.
      Di blog ini saya akan membahas 4 kategori topik,yaitu;
      1.Membahas tentang konten berupa teks / tulisan,tips-tips menulis dan informasi tentang dunia tulis menulis.
      2.Mengupas tentang membangun dan mendesain secara praktis konten gambar dan aplikasi pendukung serta hal-hal yang berkaitan dengan topik ini.silahkan ke halaman beranda dengan memilih label desain grafis .
      3.Mengulas tentang konten video  ==>(maaf masih dalam tahap pengembangan)
      4.Membahas tentang konten suara (podcast) ==>(maaf masih dalam tahap pengembangan)

      (Dikarenakan butuh banyak waktu dan sumber daya untuk mengerjakan semua topik ini secara utuh,mohon maaf baru topik 1 dan 2 yang baru saya sentuh,maklum single fighter)
      Tapi jika kamu penasaran silahkan lihat-lihat etalase artikel saya di beranda blog.ada beberapa hasil karya tulis saya yang berupa novel anak bawang dan kumpulan cerita-cerita absurd serta opini-opini saya yang super ngelantur dalam sesi corat-coret 
      Sedangkan untuk topik lainnya yang berupa informasi umum saya kumpulkan dalam label informasi  .