-->

Rahasia Kreativitas

Rahasia kreativitas
Rahasia Kreativitas

…pada rentang 1483 hingga 1486.
Leonardo Da Vinci membuat sketsa aneh pada sebuah canvas.Sketsa aneh itu dengan percaya diri ia sebut Vite Aerea atau The Aerial Screw (Baca: sekrup terbang).

“Saya percaya bahwa jika perangkat sekrup ini dibuat dengan baik, lalu dilengkapi kain linen dengan pori-pori yang telah ditutup dengan pati, dan jika perangkat diputar,lalu sekrup dihubungkan dengan gear di udara,maka sekrup akan naik tinggi keatas "Kata Da Vinci.

Empat ratus tahun kemudian…tepatnya tahun 1871.

Seorang Insinyur muda Perancis,Alphonse Penaud,membuat sebuah prototipe sederhana mirip burung dengan tenaga karet puntir.Ia menamakan rancangannya itu Planaphore.

Pada tahun 1875, Akademi Ilmu Pengetahuan Perancis memberinya hadiah karena pemikirannya yang brilian.Tetap saja, Penaud tidak puas.Ia ingin terbang.Bukan hadiah.

Insinyur muda itu kesana-kemari mencari dukungan dana untuk bisa terbang dengan planaphore-nya.Tapi tak ada seorangpun yang mau mendengarnya.Ia stress lalu bunuh diri.

Ketika itu usianya baru 30 tahun.Sangat disayangkan.

...Pada tahun 1874,

Uskup Milton Wright membeli salah satu planaphore  mainan Penaud. Dia membawanya pulang ke anak-anak lelakinya, Orville dan Wilbur.

Dan, di sana,di rumah pak Milton Wright, planaphore Penaud mengubah arah sejarah.

Dua bocah kecil,Oriville Wright dan Wilbur Wright terus terobsesi mimpi  Alphonse Penaud untuk terbang.

Tahun 1903...dua bersaudara itu pun terbang dengan Wright Flyer mereka.

Tunailah sudah harapan manusia untuk terbang setelah ribuan tahun hanya bisa bermimpi.

Hari ini…
Kita mengenal temuan dua bersudara itu dengan sebutan Pesawat Terbang.

Lalu,hikmah apa yang bisa kita ambil dari sejarah penemuan pesawat terbang ini?

Kalau menurut saya sendiri...Imajinasi,Belajar,Obsesi,Mencoba,Kerja keras dan Pantang menyerah.Tapi,karena saya diajarkan agama sejak kecil oleh orang tua,tentu berdoa kepada Tuhan  menjadi hal yang tak boleh dilupakan.

Terus,hikmah apa lagi?

Ya!...Kreativitas.

Apa itu Kreativitas?

Kreativitas  merupakan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk memberi ide yang lebih baik dalam memecahkan masalah atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan yang baru antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya.

Pendapat lain ada yang menyatakan tentang  kreativitas adalah segala kemampuan seseorang untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata yang relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.
(Pengertian kreativitas ini saya comot dari berbagai sumber di internet.silahkan coba...ketik di google)

Ngomong-ngomong...apa fungsinya kreativitas dalam hidup?

Banyak,...

Mungkin kamu ingin kaya secara cepat dengan duduk sambil memegang laptop...bisa.

Atau Ingin menemukan cara membuat artikel secara natural...juga bisa...

...atau barangkali bosan main internet trus mencoba menulis di blog.

Atau karena kamu jenuh usahamu sedang sepi,tidak tahu penyebabnya.

Hmm,apa lagi..

Oh,kamu ingin belajar desain mudah tapi bingung mulai dari mana…

Jangan,bingung baca artikel saya tentang canva,aplikasi desain grafis yang menjadi andalan saya ketika harus mengedit konten visual untuk blog ini.

Intinya,kita ingin keluar dari masalah menuju keadaan yang lebih baik itu lah fungsinya kreativitas.

Faktanya,Setiap kepala...beda isi…

Ini curhat..(Ini pengalaman saya).

Beberapa tahun kebelakang,..

Saya selalu bermimpi bisa menulis dengan mudah.Maksud saya,agar tulisan saya bisa dipahami oleh pembaca.Namun,kenyataanya sangat susah menyampaikan gagasan lewat tulisan  dibandingkan ngobrol.

(Kamu juga pasti pernah mengalamai hasil tulisan terasa aneh,susah untuk dimengerti dan terkesan berbelit-belit.Dan,akhirnya mentok,tidak mau menulis lagi.)

Sampai akhirnya tahun 2008,ketika saya jalan-jalan di salah satu mall di Batam,mampir di gerai buku.Saya menemukan sebuah buku yang menarik perhatian saya.Judulnya, Creative Writing:Tips dan Strategi Menulis CERPEN dan NOVEL.Sumpah,saya tidak sedang promosi.

Lewat buku itu,saya mulai belajar sedikit demi sedikit.Bab demi bab saya lumat habis.Tidak mengerti juga.Saya ulangi berkali-kali.Sampai sekarang saya selalu membacanya.

Bodoh!

Biarin saja…

Okelah,kalau begitu,..

Sebelum melangkah lebih jauh membahas tips-tips menulis ala pelatge.com yang diambil dari teknik menulis mas As laksana.Perlu saya ingatkan bahwa artikel ini bukan maksud untuk menggurui.Tapi hanya sekedar sharing saja.Siapa tahu ada yang memang masih awam sekali dalam kegiatan corat-corat ,silahkan ikuti blog ini.Jika tidak suka,skip aja.Tak usah sungkan…atau...silahkan komentar di kolom komentar yang ada di setiap artikel yang sudah saya publish.

Jujur,saya masih amatir.
Tulisan saya belum banyak…

Bahkan,..
Belum ada satupun hasil tulisan saya yang menembus media cetak manapun(karena saya belum pernah mencoba,Sih!),kecuali di blog ini dan beberapa blog yang beda platform.Saya masih belum berani menulis untuk media cetak.Takut ditolak (sumpah!)

Beda dengan Blog..asal tulis,lalu publish.Lebih gampang.

Oleh karena itu,disampaikan dari sudut pandang seorang otodidak.Semua artikel-artikel yang tulis tentu sangat berbeda dari kalangan profesional.Baik dari segi penyampaian ataupun tentang pemilihan kosa kata yang tepat.

Tapi ini nyata,bagi saya menulis adalah candu.Jika sehari saja tidak menulis tangan saya selalu merasa gatal.Pikiran pun tak tenang.Seperti ada sesuatu yang mengganjal didalam hati.

Sebelum mengenal blog,saya selalu menulis di buku harian.Kegiatan ini saya lama lakukan,setiap ada waktu.Lama kelamaan,saya selalu membandingkan hasil tulisan saya dengan apa yang ditulis para penulis idaman saya.Dari situ,saya memperoleh gambaran bagaimana seharusnya menulis yang baik.

Lewat praktek menulis yang tidak berhenti dan selalu mengulang pelajaran dari buku teknis menulis yang saya pelajari dan bacaan (Novel-novel)yang saya lahap.Ternyata,bisa juga menumbuhkan kreativitas dalam pikiran kita,lho.Serius.

Barusan,kita ngomongin tentang kreativitas...rahasia kreativitas...(lihat diatas pengertian kreativitas!)

Oke,kita kembali ke laptop!karena kita sedang membahas tentang kreativitas dari sudut pandang kepenulisan,menurut Mas Sulak alias AS Laksana,penulis buku Creative Writing (Tip dan Strategi Menulis Cerpen dan Novel),bilang begini:Anda ingin mengembangkan kreativitas?Dekatkan tangan anda dengan otak anda

(Ingat ya!jangan mendekatkan tangan kamu dengan dompet orang lain,itu mencopet.)

Menurut beliau lagi,ringkasnya setiap orang dari beragam profesi apapun pasti erat kaitannya dengan tangan.

... kecuali orang yang bunting,...

 Maksud saya,buntung kedua tangannya(bukan untuk merendahkan kaum disabilitas karena tidak sedikit orang yang mempunyai keterbatasan fisik permanen menjadi penulis hebat).Entah bagaimana mereka mengerjakan karya kepenulisannya.

Jadi anggap saja merekapun punya tangan imajiner seperti tangan fisik kita yang normal...

Interupsi,mas!pemain sepak bola atau pemain olahraga sepak lainnya juga tidak pakai tangan?

mungkin kalian yang suka berdebat kusir bilang begitu.Hmm..boleh juga,ya sudah mereka juga termasuk.
Namun Mas Sulak bilang:terlepas dari aksi mereka di arena olahraga,di luar lapangan mereka pun tetap mengerjakan apa yang ada dalam pikiran mereka dengan tangan juga.Nah,lu!benarkan?ternyata orang-orang yang levelnya ahli juga bilang begitu.

Oleh karena itu,jika kamu ingin menjadi penulis profesional
 atau pun sekedar hobby.Menulislah.Satu halaman saja,tak usah banyak-banyak.Jika punya komputer,tulislah disana.

Tidak usah mikir tentang aturan yang mengikat.Menulislah semaumu.Tentang apa saja...

Dan jika ingin lebih menambah wawasan.Cari saja di Facebook atau sosial media lainnya,grup-grup atau forum-forum kepenulisan supaya bakatmu semakin terasah sedikit demi sedikit.

Seperti yang sudah saya alami karena mengikuti saran dari Mas Sulak,Mentor imaginer kepenulisan saya (karena saya kenal beliau lewat karyanya saja tanpa sekalipun pernah bertemu).Saran beliau hanya agar jangan memberikan kesempatan pada tangan untuk menganggur,beri kesempatan menekan tuts mesin ketik atau keyboard computer atau pena agar terbiasa menulis.Sebab,apa yang ditulis oleh tangan anda adalah langkah pertama yang akan mewujudkan apa yang ada dalam otak anda.

Ada beberapa rahasia agar  kreatifitas saya ngocor,ini mungkin perlu kamu pertimbangkan untuk memancing kreativitasmu juga:

1.Melakukan Hoby yang tidak ada kaitannya dengan tulis menulis tapi dalam artian positif,misalnya:melukis,berkebun,olahraga,hiking,atau memelihara burung (Sekali lagi b-u-r-u-n-g).Hal semacam ini bisa memancing ide-ide atau gagasan yang tersendat di kepalamu.Suatu saat jika sudah mahir menulis,tulis tentang pengalamanmu selama ini.

2.Berkunjung ke rumah kerabat yang jauh atau dekat.Terkadang saya juga kalau sedang pusing melakukan ini.Ada efek positifnya lho,serius!

3.Gali sisi spritualitasmu,ini bagian yang paling penting.Mana mungkin kita bisa seperti sekarang ini tanpa campur tangan kuasa-Nya.Mas,orang atheis kok juga pada cemerlang ide-idenya?lagi-lagi si pendebat pasti bilang begitu.Ah,jangan terpengaruh,justeru itu bukti.Orang yang "lupa ingatan" sama tuhan saja bisa,apalagi yang ingat pasti akan diberi kelebihan yang jauh lebih tinggi.Ini bukan kata Mas sulak ya,ini asli perkataan guru agama saya.

4.Membaca buku karangan para penulis hebat atau pun yang amatir bahkan koran pembungkus gorengan pun juga bisa.(Sekalian ngobrol dengan tukang gorengannya juga,bisa..)

5.Berkecimpung dalam organisasi kepenulisan atau organisasi yang bermanfaat dan mendokumentasikan setiap kegiatan yang diikuti.

6.Internet,misal:ngeblog,bikin status di facebook atau twitter atau sosial media lainnya.(Cara terakhir recommended banget)

Untuk sementara saya cukupkan saja,lain kali disambung lagi atau kalau perlu saya edit tulisan ini.Maklum belum profesional.

Kalau mau yang profesional,ikuti saja mas As Laksana di www.aslaksana.com (Update:link mati) untuk menikmati karya-karyanya yang luar dalam nendang atau mas Darmawan di panduanim.com yang hobinya bikin baper orang-orang buat bikin blog dan mendulang penghasilan dari internet.
Oke!pesan saya cuma satu : menulislah sekarang juga!

Rahasia Kreativitas