-->

Menulislah sekarang juga!

Menulislah sekarang juga!
Menulislah sekarang juga!

Jika kamu menganggap kegiatan menulis itu seperti sebuah aktifitas yang merepotkan dan berdarah-darah.Sebaiknya kamu buang jauh-jauh pikiran semacam itu.Itu penyakit yang biasanya datang pada orang yang takut mencoba.

Takut mencoba sama dengan kegagalan…

Setiap orang berhak mencoba…siapapun,termasuk kamu.

Untuk meneruskan minat pada dunia tulis menulis kuncinya,cuma…

...bergeraklah...ambil pulpen dan kertas...ketikkan keyboard komputermu...

Tulislah apa saja yang ada dikepalamu.Tulislah saat ini juga,tentang apa saja.Jangan pikirkan tentang bagaimana nanti hasilnya.

Kadangkala ide itu bisa muncul ketika kita dalam keadaan terjepit…

Orang yang terjepit,biasanya akan menggapai apa yang bisa ia gapai.Persis seperti orang tenggelam.apa yang ada didepan,itulah yang dipegang.

Termasuk bagi calon penulis yang bimbang.

Seorang penulis pemula (termasuk saya) sebenarnya dimudahkan sejak kehadiran internet.Internet bisa menjadi ladang ide yang tak pernah bisa habis..

Kadang kala saya harus buka akun pinterest saya untuk mencari ide-ide yang bakalan saya tulis untuk karya tulisan saya..

Jika tidak saya cari di google trend,

...disana saya mencari topik yang sedang trending.

Saya cari ide yang sesuai dengan minat saya.Tapi,untuk keperluan konten blog yang akan saya terbitkan saya sesuaikan dengan niche blog.

Alasannya,agar blog saya fokus terhadap satu bidang dan belajar untuk konsisten dalam pengembangan konten-konten yang ada didalamnya.

Jadi,sekarang...jangan banyak alasan seperti;

...tak punya ide baguslah,

….sedang banyak masalahlah.

Saya akui sering mengalami keadaan seperti itu (mungkin kamu juga ).
Bahkan untuk menulis beberapa patah kata saja sering merasa susah.Alih-alih mencari cara untuk segera menulis,malahan sibuk facebookan..twitteran..bukan untuk mencari ide, tapi main-main.

Padahal jika serius,sebenarnya bisa saja saat itu menulis tutorial mendaftarkan akun facebook..akun twitter.

Salahnya,saya selalu merumitkan sesuatu yang sederhana.Mungkin karena saya selalu terobsesi dari buku-buku novel karya penulis idaman saya.Jadi menulis itu harus seperti mereka.

Akhirnya,...

Saya paksakan untuk menulis dengan menjiplak beberapa kata dari paragraph pembuka dari beberapa novel karya penulis idaman saya.

Mungkin terdengar konyol,tapi sedikit membantu.Saya bisa menulis untuk beberapa paragraf.Bagi saya,ini sebuah prestasi.

Atau kalau tidak... dan ini kegiatan yang sedikit lebih menantang tapi juga mengasikkan,saya akan memutar sebuah film berbahasa asing tapi yang bersubtitel bahasa Indonesia.saya akan perhatikan dan menulis ulang dari subtitle itu sehingga menjadi bahan referensi dalam menulis.

Saya lukiskan cara sang tokoh film itu berbicara...gaya bicara..bahasa tubuh..pakaian..dan interaksinya dengan lawan bicara.

(ini cocok buat saya,bagaimana dengan kamu?...)

Ini cara saya lho..?

Soalnya saya sering terserang demam writer block...

Jika kamu serius mau menjadi penulis...atau minimal menjadi blogger yang produktif.Blogger yang bangga dengan karya sendiri bukan Copy Paste,keberanian untuk menghasilkan karya sendiri patut dikembangkan.

Lha,mau bagaimana lagi,coba?mau jadi seorang petani ya harus mau mencangkul,mau jadi supir ya harus berani memegang setir,lha masa pengen jadi penulis tidak mau segera menulis.

Makanya jangan menunda-nunda waktu jika ingin segera menguasai keahlian menulis.Tulis saja tentang apa saja yang melintas dipikiran.Cintailah dunia tulis-menulis seperti kebutuhan akan makanan.

Sobat semua pasti mengerti,saat lapar tanpa dimintapun kita pasti makan,ya khan?.

Dalam menulis,kita tak perlu takut untuk menulis buruk.Itu saja intinya.

Jangan hiraukan ejekan teman-temanmu jika hasil tulisan jelek.Sejelek-jeleknya tulisan itu masih lebih bagus daripada tidak ada sama sekali.Anggap saja itu sebuah ujian dalam proses meningkatkan kreativitas menulis.

Jadi,tunggu apa lagi...

Menulis secepat yang kamu bisa,sebanyak kosa kata yang kamu kuasai.Tulisan saya ini juga jelek,kosakatanya juga campur aduk tak beraturan.Tapi inilah kemampuan saya.

Menulislah sekarang juga!